Dolksanggul, Kabarnasid – Guna memperkokoh komitmen dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Bupati Humbang Hasundutan, Dr. Oloan Paniaran Nababan, S.H., M.H., bersama Sekretaris Daerah Christianson R. Marbun, mengumpulkan Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan P2KB, Alexander Gultom, beserta 12 Kepala UPT Puskesmas dari seluruh wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Bupati, Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul, pada Jumat (07/11/2025).
Pertemuan ini menjadi momentum refleksi sekaligus penguatan bagi seluruh jajaran pelayanan kesehatan di Humbang Hasundutan agar mampu menghadirkan layanan yang lebih cepat, ramah, dan profesional bagi masyarakat.
Saat memberikan arahan, Bupati Oloan Paniaran Nababan menegaskan bahwa sektor kesehatan adalah pelayanan publik paling dasar dan langsung berhubungan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Ia menyampaikan bahwa peran para Kepala UPT Puskesmas sebagai ujung tombak sangatlah krusial dalam membangun kepercayaan publik.
"Peran Bapak/Ibu, khususnya Kepala UPT Puskesmas, sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat sangat penting. Sikap Bapak/Ibu menentukan kepercayaan publik, melayanilah dengan hati,” ujar Bupati.
Dia menegaskan bahwa setiap Kepala Puskesmas harus menjadi figur teladan, mampu memimpin dan memotivasi tenaga kesehatan di bawahnya untuk bekerja dengan hati dan penuh dedikasi. Bupati juga menekankan pentingnya etika komunikasi, koordinasi antar sektoral, dan kehati-hatian dalam aktivitas media sosial agar citra layanan publik tetap positif di mata masyarakat.

Selain itu, Bupati berharap pertemuan ini bisa menjadi titik awal peningkatan kualitas layanan kesehatan di seluruh Kabupaten Humbang Hasundutan. Pemerintah daerah berkomitmen menjadikan sektor kesehatan sebagai prioritas dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera, dan produktif.
Menurut Diskominfo Humbahas, agenda ini juga dibahas evaluasi kinerja dan penguatan komitmen seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk terus melakukan inovasi, mendekatkan layanan kepada masyarakat, serta membangun kepercayaan publik melalui pelayanan prima.
Dengan semangat kebersamaan serta tanggung jawab moral, seluruh petugas kesehatan di Humbang Hasundutan diharapkan menjadi mitra tepercaya masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan.




